Sudah Bosan Dengan Bisnis Internet?

Dalam artikel itu, akan dipaparkan langkah atau cara untuk memastikan pengusaha internet terus bersemangat dan tidak putus asa.
Berikut adalah sedikit tip bagaimana kami,agar sebagai pengusaha tidak mudah patah hati atau tidak mau lagi melakukan apa yang kita lakukan sekarang:

1. Lakukan banyak hal
Hal ini bertentangan dengan nasehat yang selalu kita dengar. Ya, fokus pada satu hal saja adalah nasihat yang terbaik terutama untuk mereka yang baru ingin mulai. Tetapi ketika kita telah berada lama dalam bidang bisnis, yang satu itu akan menjadi penyebab kita mulai bosan.
Banyak hal yang dimaksud adalah kita menambahkan produk, layanan atau bidang bisnis yang masih sama dalam bidang yang kita lakukan. Misalnya, kita berbisnis pakaian, maka kita tambah lagi berbagai produk pakaian yang berbeda.
2. Perdalam bakat
Setiap orang harus utamakan dan manfaatkan setidaknya tiga bakat yang ada dalam dirinya. Setiap orang ada berbagai kemampuan dan jika bisa, hindari terbatas pada satu saja. Semakin banyak kita lakukan sesuatu yang menggunakan bakat kita, kita sulit untuk bosan.
Namun pastikan, kita tidak terlalu obses dengan bakat. Memang ia penting, tetapi saat kita terlalu tergantung pada bakat semata-mata, kita mudah menolak untuk melakukan sesuatu dengan alasan "saya tidak bakat."
Dan hal yang penting juga adalah, hindari juga terlalu banyak. Tergantung pada kemampuan dan waktu masing-masing. Utamakan yang utama.
3. Lanjutkan belajar
Kita akan mulai goyah ketika kita mulai berhenti belajar. Dan kita akan mudah tertinggal jauh saat kita mulai menutup pintu ilmu. Belajar itu banyak caranya, bahkan tanpa harus keluar dari rumah, yaitu melalui internet. Baca artikel, beli ebook, online course dan banyak lagi cara.
4. 'Bersosial'
Manusia yang 'sehat' bukan saja harus sehat dari aspek tubuh, tetapi juga mental, emosi dan sosial. Pengusaha harus bersosialisasi setidaknya sesama para pengusaha. Hindari diri sendiri di depan komputer di setiap hari. Sisihkan sedikit waktu untuk bertemu rekan pengusaha atau bergabung apa-apa program terkait.
5. Tambahkan kontak
Dengan teknologi media sosial pada zaman sekarang seperti ini , menambahkan kontak tidak perlu lagi mengambil waktu yang lama. Dengan hanya ujung jari, kita bisa menambahkan kontak seberapa banyak yang kita mau pada setiap hari.
Sebisa mungkin, jumpa kontak-kontak itu secara nyata dan bukan hanya melalui internet.
6. Lakukan sesuatu yang baru
Bila bisnis kita mulai berhasil, mungkin kita bisa menambahkan sumber pendapatan yang lain pula. Namun awas, lakukan jika Anda bisa saja. Menambah saluran pendapatan yang lain berarti, kita tidak akan menghadap benda yang sama setiap hari.
Jika tidak mampu, mungkin bisa lakukan inovasi terhadap bisnis agar Anda tidak bosan menghadap bisnis yang sama saja bentuknya setiap hari.
Inovasi atau 'evolusi' adalah salah satu cara untuk kita hindari kebosananan. Ia tidak harus besar atau membutuhkan biaya. Lakukan sesuatu yang baru meskipun kecil, agar pandangan dan semangat terhadap bisnis kita selalu juga baru.
7. Berolahraga / beriadah
Bosan juga biasanya diakibatkan oleh badan yang letih, penat dan tidak fit. Seperti mana nasihat kebanyakan, kita perlu beriadah setidaknya 3 kali seminggu, dan 20 menit pada setiap kali itu.
8. Bosan berarti banyak waktu luang
Luangkan satu menit untuk menjawab pertanyaan ini: Apakah Anda terlalu banyak waktu luang sehingga tidak tahu harus buat apa, dan akhirnya mulai kebosanan?
Jika ya, cepat-cepat ambil pen dan secarik kertas untuk menampilkan apakah tugas penting yang harus dilakukan. Dan menampilkan juga apakah tanggung jawab yang harus ditanggulangi dalam hidup ini.
Saya yakin, setiap orang pasti ada setidaknya satu tugas penting yang harus disempurnakan. Jadi, manfaatkan waktu yang ada sebaik-baiknya.
9. Majukan lagi bisnis
Bila kita melakukan bisnis dalam skala yang sama bertahun-tahun lamanya, itu adalah salah satu sebab kita mudah merasa bosan. Maka ada dua pilihan di sini yaitu kita lakukan perubahan (inovasi) atau kita majukan lagi bisnis.
Mungkin dengan perbesarkan lagi ukuran bisnis, sewa ruang kantor jika sebelum ini hanya berbisnis dari rumah, bekerja dengan rekan-rekan lain dan sebagainya. Paling kurang, modifikasi ruang kerja SOHO .
Bila kita selalu naik setapak demi setapak, maka perasaan bosan sangat sulit datang pada diri kita karena kita melakukan sesuatu yang berbeda dalam setiap periode tertentu.
10. Membaca kisah menginspirasikan
Selalu baca kisah orang-orang yang telah berhasil. Baca juga buku-buku motivasi terutama yang ditulis sendiri oleh orang yang telah gagal tetapi bangkit kembali. Utamakan membaca kisah sukses orang yang tidak sama bidang dengan kita atau yang lebih berusia dengan kita untuk menghindari perasaan lemah karena rasa jauh tertinggal dan rasa cemburu berlebihan.
11. Perbaiki amalan sehari
Tidak dapat dipungkiri, terkadang semangat kita mulai 'lusuh' adalah karena jiwa kita mulai gelap dan hati sedikit demi sedikit dikuasai titik-titik hitam. Bagaimana dengan sholat kita? Jika shalat, apakah sudah benar caranya? Bagaimana sikap amarah kita seperti dengki, marah, menipu, riya, tamak dan sebagainya?

Tidak ada komentar: