Apa Yang Perlu Diketahui Pengusaha Tentang Calon Konsumen ?

Sebuah bisnis akan kemungkinan besar berhasil apabila didasari pada barang atau jasa yang akan dibeli konsumen dalam jumlah yang cukup untuk menghasilkan laba. Dengan kata lain, untuk menjalankan bisnis yang berhasil dan menguntungkan, harus mengetahui calon konsumen yang akan memakai atau membeli  barang dan jasa tersebut.ada beberapa hal yang perlu Pengusaha perhatikan tentang calon konsumen,diantaranya yaitu :
  1. Mengenal konsumen: Pasar dapat dibagi menjadi beberapa kelompok pembeli berskala besar atau beberapa karakteristik tertentu seperti berdasarkan usia, jenis kelamin, status perkawinan dan keluarga, pekerjaan, penghasilan dan tren masing-masing karateristik tersebut.
  2. Mengetahui apa yang diinginkan konsumen: Dengan membagi pasar menjadi beberapa kelompok, pengusaha dapat dengan mudah mengetahui barang atau jasa apa yang diinginkan atau dibutuhkan masing-masing kelompok.
  3. Mengetahui dimana konsumen melakukan pembelian: Pengusaha perlu mengetahui dimana konsumen yang ada di pasar mereka melakukan pembelian dan menentukan faktor-faktor apa saja yang membuat mereka beralih dan membeli dari tempat lain.
  4. Mengetahui kapan konsumen melakukan pembelian: Dengan mengetahui frekuensi konsumen melakukan pembelian (setiap hari, setiap minggu, bulan, tahun atau kadang-kadang), pengusaha dapat menetapkan jam kerja yang sesuai, kapan harus memasang iklan dan berapa jumlah barang yang akan dijual pada saat-saat tertentu sepanjang tahun tersebut. 
  5. Mengetahui cara konsumen melakukan pembelian: Dengan mengetahui cara konsumen membayar barang dan jasa, pengusaha dapat menentukan kebijakan kredit dan penetapan harga yang sesuai untuk bisnis tersebut.

Tidak ada komentar: