Tips Pemakaian Listrik



Memakai Listrik Mudah dan Nyaman
Dalam kehidupan modern, manusia cenderung ingin hidup dalam suasana yang serba nyaman, cepat dan praktis. Berkat perkembangan ilmu dan teknologi, telah tersedia banyak ragam peralatan yang mempermudah kehidupan manusia. Semua peralatan yang sangat membantu itu, memerlukan tenaga listrik, baik secara langsung maupun tidak langsung.
Melalui berbagai jenis peralatan listrik, tenaga listrik dapat diubah menjadi tenaga putar, panas, cahaya, serta sinyal audio-video, sesuai dengan kebutuhan.
Sambil menikmati kemudahan dan kenyamanan hidup melalui peralatan listrik, tentunya memerlukan biaya. Besarnya biaya yang harus kita sediakan itu tergantung dari jumlah tenaga listrik yang kita manfaatkan, atau sering disebut dengan jumlah kWh terpakai.
Kiat Menghemat Energi Listrik di Rumah Tangga
Penggunaan peralatan listrik di era modern sekarang ini semakin luas dan beragam, mencakup industri berat sampai rumah tangga.
Peralatan listrik rumah tangga pada umumnya sudah dirancang untuk pemakaian listrik yang efisien/hemat, namun dalam prakteknya masih ditemukan pemborosan energi listrik. Hal ini dapat terjadi antara lain karena penggunaan peralatan dengan cara yang kurang tepat.
Prinsip-prinsip yang perlu diperhatikan dan menumbuhkan sikap hemat energi listrik di rumah tangga, antara lain :

  1. Menyambung daya listrik dari PLN sesuai dengan kebutuhan. Rumah Tanggakecil misalnya, cukup dengan daya 450 VA atau 900 VA, rumah tangga sedang cukup dengan daya 900 VA hingga 1300 VA. 
  2. Memilih peralatan rumah tangga yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. 
  3. Membentuk perilaku anggota rumah tangga yang berhemat energi listrik,seperti: 
  • Menyalakan alat-alat listrik hanya pada saat diperlukan. 
  • Menggunakan alat-alat listrik secara bergantian. 
  • Menggunakan tenaga listrik untuk menambah pendapatan rumah tangga (produktif).


Tidak ada komentar: